WhatsApp Icon

BAZNAS Hadirkan Strategi Fundraising untuk Optimalisasi Pengumpulan Zakat  “Zakat Menjadi Kekuatan Besar Bagi Kesejahteraan Masyarakat” 

19/11/2025  |  Penulis: Humas BAZNAS Kota Batam

Bagikan:URL telah tercopy
BAZNAS Hadirkan Strategi Fundraising untuk Optimalisasi Pengumpulan Zakat   “Zakat Menjadi Kekuatan Besar Bagi Kesejahteraan Masyarakat” 

BAZNAS Hadirkan Strategi Fundraising

TANJUNGPINANG — Hari ketiga pelaksanaan Rakorda BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau membahas isu penting diantaranya strategi fundraising yang komprehensif serta dirancang untuk meningkatkan visibilitas, edukasi, serta kemudahan layanan berzakat di masyarakat. Pemaparan strategi ini disampaikan oleh H. Ruli Kurniawan, M.M., C.MA., CFRM, Direktur Layanan, Promosi dan Data Optimalisasi sekaligus Ketua Ramadhan BAZNAS RI. Dalam sesi presentasi yang membahas strategi fundraising melalui pendekatan Above The Line (ATL), Below The Line (BTL), serta penguatan kanal layanan muzaki.

Dalam paparannya, Ruli menjelaskan bahwa strategi fundraising BAZNAS mengedepankan tiga pilar utama: komunikasi, layanan, dan kanal pengumpulan. Ketiganya diintegrasikan dengan pendekatan data driven, seamless interaction, dan penguatan loyalitas muzaki.

Strategi Above The Line (ATL)

Strategi above the line adalah strategi pemasaran yang menggunakan media massa untuk menjangkau peserta dengan jangkauan lebih luas dan membangun kesadaran merek tertentu atau brand awareness. Seperti halnya BAZNAS merancang beberapa program publikasi dan kampanye dengan mengusung konsep budaya lokal di Provinsi Kepulauan Riau melalui budaya melayunya yang dapat menarik perhatian warga tempatan dan menjadi identitas agar masyarakat mengenal lebih dekat tentang BAZNAS.

Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan dan diterapkan diantaranya :

1) Menyiarkan informasi dan edukasi tentang BAZNAS melalui radio lokal yang menghadirkan layanan publik talkshow dengan tema “Gurindam Zakat” untuk menjangkau komunitas Melayu hingga ke pesisir.

2) Menyampaikan berit melalui media massa & portal berita digital guna memperkuat eksposur program, edukasi zakat, serta publikasi kegiatan Ramadhan dan distribusi bantuan.

3) Pemasangan iklan di Billboard & baliho lokal, yang dipasang dibeberapa titik keramaian seperti jalur protokol, bandara, pelabuhan dan angkutan umum untuk memperluas visibilitas dan branding zakat.

Strategi ATL Lokal & Event

Selain dari strategi membangun brand awareness melalui budaya lokal di tengah masyarakat, BAZNAS juga dapat berperan dalam acara lokal melakukan program melalui prorgam festival rakyat seperti menghadirkan counter zakat atau booth saat momentum Hari Besar Islam seperti Hari Zakat Nasional, Ramadhan Fest, Car Free Day dan lainnya guna mengeratkan hubungan lembaga di masyarakat dari semua sisi.

Strategi Below The Line (BTL)

Beda hal dengan strategi above the line, strategi Below The Line (BTL) juga dapat diterapkan namun ia berfokus pada target yang secara spesifik ditujukan kepada audien tertentu bertujuan untuk memperdalam edukasi zakat di masyarakat, Konsep ini dapat dikembangkan melalui program seperti:

1) Penguatan UPZ masjid besar & masjid kota dengan kotak zakat digital dan QRIS.

2) Program payroll zakat bagi ASN dan pegawai swasta.

3) Edukasi zakat UMKM, kunjungan ke pedagang UMKM, pemasangan sponsorship

4) Kolaborasi sekolah & kampus melalui kotak infak digital serta mini program “Satu Kelas Satu Kebaikan”.

Kanal Pengumpulan dan Layanan Muzaki

Selain strategi pengumpulan secara langsung di tengah masyarakat, BAZNAS juga dapat memperkuat melalui kanal digital mulai dari website, QRIS masjid, transfer bank, hingga landing page zakat yang mudah diakses masyarakat. Selain itu, strategi layanan muzaki dapat dikembangkan berbasis data, loyalty program, service development, hingga interaksi demi meningkatkan kenyamanan dan kepuasan muzaki.

Di akhir sesi, Ruli menegaskan bahwa seluruh strategi ini dirancang agar zakat semakin dekat dengan masyarakat dan mampu memperluas jangkauan manfaat bagi mustahik terutama di Kepulauan Riau. “ pelaksanaan strategi fundraising harus menyatu dengan edukasi, layanan, pemanfaatan teknologi serta kolaborasi oleh semua pihak. insya Allah zakat akan menjadi kekuatan besar bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Ruli Kurniawan.

#FundraisingZakat

#BAZNASRI

#RAKORDABAZNASKepri2025

#BAZNASBatam

#BatamRumahKita

#OptimalisasiZakat

#ZakatUntukKita

#LayananMuzaki

#LayananMustahik

#ZakatDigital

#ZakatMenyejahterahkan

Bagikan:URL telah tercopy

Berita Lainnya

Info Rekening Zakat

Info Rekening Zakat

Mari tunaikan zakat Anda dengan mentransfer ke rekening zakat.

BAZNAS

Info Rekening Zakat