WhatsApp Icon

Penguatan Strategi Digital BAZNAS dalam Syiar Zakat Menjelang Ramadhan

11/02/2025  |  Penulis: Kontributor : Yasyfa, Editor : MAS

Bagikan:URL telah tercopy
Penguatan Strategi Digital BAZNAS dalam Syiar Zakat Menjelang Ramadhan

Strategi Digital BAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI semakin mengoptimalkan komunikasi digital guna memperluas syiar zakat serta meningkatkan efektivitas pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) selama bulan Ramadhan.

Dalam upaya memperkuat komunikasi digital tersebut, BAZNAS telah membangun 260 kantor digital yang tersebar di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Hal ini disampaikan dalam acara Pengajian Berbagi Ilmu Berbagi Pengalaman bertajuk "Mengembangkan Komunikasi dan Strategi Digital Marketing di Bulan Ramadhan" yang diselenggarakan oleh Pusdiklat dan ditayangkan melalui kanal YouTube BAZNAS TV, Selasa (11/2/2025). Acara ini dihadiri oleh Pimpinan BAZNAS RI bidang Transformasi Digital Nasional, Prof. Ir. Nadratuzzaman Hosen, MS., M.Ec, Ph.D., serta Kepala Biro Komunikasi Publik BAZNAS RI, Ndari Rumi Widyawati.

Prof. Nadratuzzaman Hosen menekankan pentingnya komunikasi selama bulan Ramadhan yang berfokus pada peningkatan penggalangan dana serta penyebarluasan informasi mengenai zakat.

"Dengan terus berkembangnya teknologi, metode komunikasi juga harus menyesuaikan. Oleh karena itu, diperlukan strategi komunikasi yang efektif agar pesan mengenai zakat dapat diterima dengan baik oleh masyarakat," ungkap Nadratuzzaman.

Ia juga menjelaskan bahwa momentum Ramadhan harus dimanfaatkan dengan menerapkan strategi komunikasi yang berkelanjutan.

"Langkah ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan penghimpunan zakat, tetapi juga membangun kesadaran masyarakat agar terus menunaikan zakat secara konsisten," tambahnya.

Menurutnya, komunikasi yang diterapkan harus mampu menggugah hati para muzaki agar terdorong untuk berzakat melalui BAZNAS.

"Melalui pendekatan komunikasi yang tepat, kita dapat meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat dalam berbagai program zakat yang dijalankan," katanya.

Nadratuzzaman berharap, optimalisasi komunikasi ini tidak hanya dilakukan di tingkat pusat dan provinsi, tetapi juga dapat diterapkan oleh seluruh kantor BAZNAS kabupaten/kota.

"Baik dengan menulis artikel maupun menggunakan metode komunikasi lainnya, kita harus terus menyebarkan pesan zakat hingga ke pelosok negeri agar semakin banyak muzaki yang turut berkontribusi," jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Biro Komunikasi Publik BAZNAS RI, Ndari Rumi Widyawati, menyampaikan bahwa di era digital ini, Kantor Digital BAZNAS menjadi sarana utama dalam menyampaikan informasi dan kampanye zakat secara transparan serta terpercaya.

"Dengan adanya Kantor Digital, masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi mengenai zakat. BAZNAS juga telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan bahwa syiar dan kinerja zakat yang dilakukan dapat tersampaikan dengan baik, sehingga kepercayaan publik terus meningkat," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa melalui Kantor Digital BAZNAS, masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi seputar zakat dan program-program pemberdayaan seperti Balai Ternak BAZNAS, Lumbung Pangan BAZNAS, ZChicken, ZAuto, ZMart, serta inisiatif lainnya yang ditujukan bagi mustahik.

Menurutnya, Kantor Digital BAZNAS hadir sebagai sarana yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas, sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan.

"Kami berharap dengan adanya Kantor Digital ini, kesadaran masyarakat dalam menunaikan zakat semakin meningkat, terutama menjelang Ramadhan. BAZNAS juga berkomitmen untuk terus mengembangkan Kantor Digital di seluruh Indonesia guna memperkuat syiar zakat," pungkasnya.

Bagikan:URL telah tercopy

Berita Lainnya

Info Rekening Zakat

Info Rekening Zakat

Mari tunaikan zakat Anda dengan mentransfer ke rekening zakat.

BAZNAS

Info Rekening Zakat